Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Informatika Poltek Harber Juara Lomba IT Paling Bergengsi di Indonesia

Home > Berita > Penghargaan > Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Informatika Poltek Harber Juara Lomba IT Paling Bergengsi di Indonesia

Untuk pertama kalinya, mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama berhasil mendapatkan juara pada kompetisi GEMASTIK. Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau biasa disebut GEMASTIK, merupakan kompetisi tingkat nasional paling prestisius bagi mahasiswa bidang teknologi informasi. GEMASTIK diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kampus-kampus besar dari Sabang sampai Merauke bersaing untuk menjadi juaranya. Kemenangan pada ajang GEMASTIK menjadi gengsi yang sangat besar bagi institusi yang mendapatkannya.

Sebelumnya, mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Informatika PHB berhasil menjadi finalis GEMASTIK pada tahun 2022. Lebih baik lagi, di tahun 2023 ini, mereka tidak hanya berhasil menjadi finalis semata. Mereka telah mencicipi rasanya menjadi juara pada kategori Software Development bersama kampus besar lainnya, yaitu Universitas Pendidikan Ganesha Bandung (Juara 1), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Juara 2), dan Universitas Indonesia (Juara 4). Prestasi yang sangat prestisius ini menunjukkan kualitas Prodi Sarjana Terapan Informatika PHB yang kini telah menjadi semakin baik.

Proses belajar pada Prodi Sarjata Terapan Teknik Informatika sangat mendukung para mahasiswa untuk menjadi calon juara. Mahasiswa akan banyak praktik di kelas maupun di luar kelas. Metode belajar yang kini diterapkan adalah project-based learning, yakni mahasiswa langsung terjun ke dalam proyek pengembangan aplikasi. Dengan demikian, mahasiswa akan belajar dan memahami dengan praktik langsung. Proyek yang mereka kerjakan di kelas merupakan cikal-bakal aplikasi yang akan dilombakan dan mengantarkan mereka menjadi juara.

Kini, sekedar menjadi finalis GEMASTIK tidak lagi memuaskan mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Informatika PHB. Kasta mereka telah naik menjadi kasta para juara!

Leave a Reply