Mahasiswa Teknik Informatika Belajar Teknnologi E-Commerce Di Kantor Blanja.Com

Home > Berita > Studi Banding > Mahasiswa Teknik Informatika Belajar Teknnologi E-Commerce Di Kantor Blanja.Com

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia. Jumlah populasi yang besar ini menjadi potensi ekonomi, tidak hanya untuk sumber daya produksi, tetapi juga potensi pasar. Perkembangan teknologi telah merubah perilaku bisnis. Transaksi jual beli barang dan jasa tidak lagi harus terjadi secara fisik, tetapi juga bisa terjadi di dunia maya. Perkembangan teknologi, khususnya komputer dan smartphone, telah membuka peluang bisnis via internet, atau yang dikenal sebagai e-commerce.

Semakin berkembangnya tren masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli secara online, membuat mahasiswa Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal akhirnya melakukan studi ilmiah mengenai Teknologi yang diterapkan di salah satu perusahaan E-Commerce milik BUMN tersebut yakni di kantor Blanja.com.

Tepatnya pada 5 September 2017, rombongan mahasiswa TI Poltek HB beserta dosen pendamping belajar bersama mengenai infrastruktur IT dan penerapan Teknologi yang digunakan pada salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia tersebut. Pada kesempatan tersebut I Gede Bagus Kosha selaku IT Infrastructure Service Leader, menyajikan materi yang menarik mengenai infrastruktur IT dan penerapan teknologi e-commerce yang digunakan pada perusahaan tempat kerjanya, beliau menyampaikan bahwa pihaknya memprioritaskan kecepatan dalam menyajikan data kepada user dengan tanpa mengabaikan kemanan data yang ada.

Suasana nampak sangat seru,  dikarenakan banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada pemateri. Digital Public Relation Staff yakni Ayu Laksmi menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi antusiasme mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai teknologi e-commerce yang digunakan pada blanja.com.

Pada Kesempatan yang berbeda Ginanjar Wiro Sasmito selaku salah satu dosen pembimbing dan Ketua Prodi TI Poltek HB menyampaikan bahwa studi ilmiah ke beberapa perusahaan yang mengandalkan peranan dari penerapan teknologi informasi adalah kegiatan akademik rutin yang dilakukan satu tahun sekali, untuk tahun ini mahasiswa bersama prodi yang dipimpinnya selain berkunjung ke kantor Blanja.com juga berkunjung ke kantor PT. Indosat, TBK, PT. Qlue Performa Indonesia, Viva, IDSIRTII dan kantor Oracle Indonesia. Kegiatan kunjungan tersebut berlangsung selama 3 hari, yang dimulai dari tanggal 5 – 7 September 2017 . Beliau menambahkan bahwa mahasiswa harus mengetahui dan memahami, mana-mana peranan dari teknologi informasi yang vital, disamping itu juga diharapkan degan kegiatan ini mahasiswa semakin termotivasi dalam mengasah skill dan kemampuannya di bidang IT.

Leave a Reply